Jurnal Pembelian

17 Okt

PEMBELIAN

JURNAL 1
JUDUL : Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang
SUMBER : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=121202&val=4727
OLEH : Hendra Noky Andrianto, Idris
REVIEW : Saat ini, perkembangan jumlah penduduk yang cukup pesat serta beragamnya aktivitas kerja setiap orang memungkinkan segala aktivitas tersebut harus dilakukan secara cepat. Agar orang dapat melakukan pekerjaan secara cepat, dibutuhkan sarana pendukung, seperti sarana transportasi. Transportasi merupakan alat yang berguna untuk memindahkan barang atau orang dalam kualitas tertentu, ke suatu tempat tertentu, dalam jangka waktu tertentu. Salah satu sarana transportasi tersebut adalah mobil. Diantara berbagai jenis mobil, terdapat satu jenis yang paling banyak diminati konsumen, yakni kendaraan serba guna. Oleh karena itu, saat jenis MPV dari berbagai merek membanjiri pasar mobil nasional diantaranya Toyota (Innova dan Avanza), Honda (Odyssey dan Stream), Suzuki (APV), Daihatsu (Xenia), Isuzu (Phanter), Chevrolet Zafira, Mitsubishi Chariot, Nissan Grand Livina dan lain sebagainya. Kendaraan dengan konsep MPV paling digemari oleh masyarakat Indonesia, hali ini tercermin dari penjualan kendaraan jenis ini yang menguasai pangsa pasar terbesaar di mobil nasional.
Pada suatu proses pembelian, biasanya seseorang mempertimbangkan lebih dulu tentang produk apa yang akan dibelinya, apa manfaatnya, apa kelebihannya dari produk merek lain, sehingga konsumen mempunyai keyakinan untuk mengambil keputusan pembelian.banyak factor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang, namun dalam penelitian, diukur melalui faktor kualitas produk, citra merek, strategi harga dan promosi. Dengan adanya kualitas produk yang baik, konsumen menginginkan produk yang dibelinya sesuai dengan keinginannya atau produk tersebut berkualitas. Semakin tinggi kualitas suatu produk, maka semakin tinggi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Meskipun demikian masih adanya penilaian terendah dalam hal irit bahan bakar maka perlu disikapi dengan menciptakan alat penghemat bahan bakar sehingga bagi konsumen yang lebih ingin menghemat bahan bakar maka bisa menggunakan alat penghemat bahan bakar tersebut. Adapun Toyota Kijang Innova sudah memiliki citra merek yang baik di kalangan masyarakat. Suatu citra merek yang kuat dapat memberikan beberapa keunggulan utama bagi suatu perusahaan salah satunya akan menciptakan suatu keunggulan bersaing. Produk yang memiliki citra merek yang baik cenderung akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Semakin baik citra suatu merek, semakin tinggi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Meskipun demikian adanya penilaian terendah dalam hal perawatan yang bisa dilakukan sendiri.
Dalam mengenai harga lebih dipengaruhi karena harga yang diberikan sebanding dengan kualitas produk yang baik, sehingga para konsumen tidak merasa rugi melakukan pembelian Kijang Innova. Dalam hal ini sebaiknya lebih sering melakukan program potongan harga, sehingga nantinya dapat menarik banyak konsumen untuk dating melakukan pembelian. Selain itu Toyota Kijang Innova melakukan promosi melalui selebaran tetapi tidak dilakukan secara sering dan secara terbuka, sehingga para konsumen memberikan penilaian yang rendah pada promosi melalui penyebaran brosur tersebut. Sebaiknya lebih sering dilakukan dan perlu diperluas yaitu di pusat-pusat keramaian, perkantoran, perumahan dan tidak hanya pada saat pameran atau ketika konsumen datang ke dealer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: