Usaha Distro, Langkah Awal Dunia Berbisnisku

20 Mar

NAMA       : GHITHA RAMDHANI PUTRI

KELAS       : 3EA14

NPM           : 13212139

Usaha Distro, Langkah Awal Dunia Berbisnisku

                Sejak kecil, aku memang sudah menyukai yang namanya fashion. Dengan melihat gaya berpakaian para artis di televisi dan model-model iklan top, rasanya aku juga ingin seperti mereka. Ibuku dahulunya menyukai dunia fotografi, beliau juga adalah seorang fotografer. Setelah lulus SMA, ibuku melanjutkan studinya di salah satu Universitas di Jakarta dan beliau memilih jurusan fotografi. Maka, tak salah aku menyukai hal-hal yang berbau fashion juga.

Pada awalnya, aku belum mengetahui bagaimana cara menyalurkan minatku ini, apalagi pada saat itu aku baru duduk Sekolah Dasar. Aku hanya suka melihat-lihat model pakaian dari majalah-majalah langganan ibuku. Ketika aku SMP, kebetulan aku memiliki banyak teman-teman yang bisa dikatakan “Modis” dalam berpenampilan. Disitu aku terkadang suka bertanya-tanya dengan temanku, aku mempelajari gaya berbusana mereka sehingga mulailah tumbuh kembali keinginanku terhadap dunia fashion.

Sampai suatu ketika, pada saat SMA aku menceritakan hal ini kepada ibuku. Dan ternyata, Alhamdulillah, ibuku sangat mendukung keinginanku ini. Sejak saat itu aku mulai mencari cara bagaimana mengumpulkan modal untuk membuka usahaku. Terlintas di benakku untuk tidak merepotkan orangtuaku. Dan akhirnya aku memutuskan untuk berjualan/berdagang. Mula-mula aku mulai mengumpulkan modal dari bisnis/ usaha yang lain. Seperti menjual pulsa, makanan, dan minuman. Karena melihat keseriusan dan kegigihanku dalam berdagang, maka ibuku ikut membantuku. Beliau menambahkan modal untukku menyegerakan membuka bisnis pakaian. Mula-mula, aku membeli pakaian satuan yang dijual lewat online. Kemudian aku memajangkannya di depan rumahku. Aku menjual pakaian, jaket, sweater, kerudung, dan kaos kaki. Para tetangga sekitar rumahku mulai meliriknya dan mereka pun membelinya.

Setelah aku lulus SMA, aku melanjutkan sekolah di Universitas Gunadarma jurusan Manajemen. Disana aku berkenalan dengan teman-teman yang baik. Mereka juga ternyata ada yang memiliki usaha sepertiku. Dan aku sering berdiskusi masalah fashion dengannya. Dan akhirnya aku dan temanku menjalin kerjasama dalam mengembangkan bisnis kami. Melalui media onlinelah kami mulai membuat grup yang berisikan berbagai macam jenis pakaian dan aksesoris. Ada pakaian, sweater, jaket, jeans, topi, sepatu, dan jam tangan.

Bisnis online itu, kami lakukan karena melihat peluang usaha yang cukup bagus, terlebih seiring berkembangnya teknologi yang canggih, serta sudah banyak orang hamper memiliki gadget. Akan tetapi, dalam berjualan online kita juga harus berhati-hati. Karena banyak sekali penipuan yang beredar dimana-mana. Pernah sekali aku tertipu, aku melihat tawaran celana jeans yang sangat murah di internet hanya dengan harga Rp 120.000-, aku sudah bisa beli celana jeans dengan brand terkenal, beli 1 gratis 1. Disinilah aku terjebak. Setelah aku mentransfer pembayarannya, ternayata barangnya tak kunjung datang. Temanku, mengalami hal yang sama juga denganku. Aku coba menghubungi nomer kontak yang tertera, tetapi sudah tidak bisa lagi. Bahkan kontak di BBM pun sudah di delete contact dengannya.

Dari pengalaman inilah aku mulai belajar lagi tentang online. Dan kita juga perlu waspada, jangan asal tertarik melihat tawaran yang begitu menggiurkan. Pada akhirnya, aku dan temanku membuka koneksi kepada siapa saja yang ingin berkerjasama dengan kami dalam berbisnis jualan ini. Dan kami harus benar-benar selektif dalam memilih partner untuk join bareng. Oleh karena itu aku berniat setelah lulus nanti, aku ingin membuka sebuah toko distro. Dimana pakaian dan aksesoris yang dijual disana merupakan hasil desain aku sendiri.

Tinggalkan Balasan

